Sunday, November 15, 2015

Tips Menghilangkan Jejak di Komputer

Tags

Tips Menghilangkan Jejak di Komputer

Bila kita menggunakan komputer dan menjelajah dunia maya mengunakan browser, secara tidak sengaja kita tidak sadar sebernarnya kita telah meninggalkan jejak di sana. Bila jejak yang ditinggalkan tidak trlalu penting, itu tidak akan berpengaruh sam sekali. Bagaimana jika suatu waktu kita browsing di suatu warnet? Pasti kita akan meninggalkan jejak dan orang yang menggunakan komputer setelah kita akan mengetahui situs situsdan dokumen dokumen apa saja yang telah kita buka di komputer tersebut.

Berikut ini akan diberikan beberapa tips yang setidaknya cukup ampuh untuk menghilangkan jejak di komputer dan di internet, Berlaku untuk semua akses internet untuk penggunaan Wifi gratis dan penggunaaanya komputer publik misalnya di warnet dan internet corner :
  • Apabila suatu tempat memiliki jaringan akses internet Wif, cobalah tanya pada pemilik tempat jaringan yang digunakan di tempat tersebut. Terhubunglah dengan jaringan yang memangdisediakan oleh pemilik. Matikan/putuskan jaringan apabila tidak digunakan.
  • Aktifkan selalu firewall di laptop/komputer apabila terhubung ke jaringan internet.
  • Bila Mengakses Komputer dari warnet, pastikan komputer tersebut tidak terdapat aplikasi semacam KEYLOGGER.
  • Jangan sembarangan memasukan nomor kartu kredit dan password bila berada pada jaringan publik.Pastikan alamat situsyang anda ingin benar-benarsitus yang ingin kita akses.misalnya kita ingin masuk ke facebook.com  bukan malah ke fesbuk.com   Bisa jadi halaman fesbuk.com itu tampilan utamanya mirip dengan situs Facebook asliny, sehingga kita tertipu dan memasukan username dan password kita dengan santai.
  • Hindari online banking apabila menggunakan komputer publik
  • Hapus semua file yang kita masukan ke komputer publik.Hapus juga Recycle Bin pada komputer.
  • Hapus History yang merekam kegiatan anda di internet.atau coba Private Browsingyang disediakan oleh tiap tiap browser agar kita tidak dicatat oleh browser tersebut.
  • Bila memasuki situs yang membutuhkan username dan password untuk masuk,seperti facebook,perhatikan bagian bawah dari kolom username dan password yang bertuliskan "REMEMBER ME" atau "KEEP ME LOGGED IN" atapun tulisan yang miriparti dan maknanya.Jangan sesekali mencentang pilihan tesebut. dan jangan lupa untuk keluardari situs tersebut apabila selesai mengakses.
SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT

 

2 comments

Oke salken juga dan thanks dah berkunjung@Ardian

Berkomentarlah Dengan Bijak Dilarang Menaruh Link Spam
EmoticonEmoticon